by

Belasan Anggota Satnarkoba Polres OKU Mendadak Dites Urin Terkait Narkoba, Hasilnya ?

Kegiatan tes urin mendadak personil Polres OKU yang diawasi langsung Direktur Ditresnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heri Istu Hariono di Mapolres OKU belum lama ini.

Beritatotal.com – Komitmen pimpinan Polri dalam hal ini Polres OKU untuk menciptakan anggotanya bersih dari penyalahgunaan narkoba patut diapresiasi.

Publik masih ingat saat baru menginjakkan kakinya di Mapolres OKU dan usai
melaksanakan pisah sambut jabatan Kapolres beberapa bulan lalu.

Salah satu pesan moral pertama kali yang disampaikan AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH kepada seluruh personilnya, yakni akan “melibas” oknum anggotanya yang terjerumus barang haram narkoba.

Ternyata, pesan Kapolres saat itu bukan sekedar “gertak sambal”. Belum lama ini Polres
OKU bersama Ditnarkoba Polda Sumsel melakukan tes urin terkait narkoba bagi anggota Polres disini.

Yang pertama kali dites bukan anggota fungsi lain. Melainkan fungsi atau satuan yang menangani langsung masalah penyalahgunaan narkoba di Bumi Sebimbing Sekundang. Yakni Satuan Narkoba Polres OKU pimpinan Iptu Jatrat Tunggal RWP SIK.

Sedikitnya 13 anggota Satnarkoba Polres OKU sudah diambil sample urinnya secara mendadak. Bahkan pemeriksaan urin mereka diawasi langsung Direktur Ditresnarkoba Polda Sumsel Kombes Pol Heri Istu Hariono SSi.

Satu per satu anggota Satnarkoba ini diminta masuk toilet agar buang air kecil. Saat mereka dalam toilet Direktur Narkoba Kombes Pol Heri turut “nyanggong” depan pintu toilet didampingi Kapolres AKBP Arif Hidayat dan anggota Seksi Propam.

“Pemeriksaan urinnya mendadak dan disaksikan langsung Pak Direktur Resnarkoba Polda Sumsel belum lama ini,” jelas Kapolres OKU melalui Kasat Narkoba Iptu Jatrat Tunggal,
Selassa (8/9).

Menurut Iptu Jatrat lagi, tes urin mendadak anggotanya yang dihadiri Direktur
Ditresnarkoba beberapa waktu lalu berjalan lancar.

Sedikitnya 13 anggota dia sudah diambil sample urinnya dan langsung dilakukan pemeriksaan oleh Tim Urkes Polres OKU begitu keluar dari toilet.

“Dari semua anggota kita yang dites urin mendadak waktu itu hasilnya negatif,”
terangnya.

Sementara itu, dalam suatu kesempatan usai mendampingi Kapolda Sumsel melakukan tes urin mendadak personil Polda Sumsel beberapa waktu lalu, Kombes Pol Heri mengatakan,
tes urin dadakan kepada anggota di lingkungan Polda Sumsel hinggga Polres/Polrestabes dilakukan untuk memastikan bahwa personel yang ada di lingkungan Polda Sumsel terbebas dan bersih dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Dengan demikian para personel dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara
maksimal untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya kala itu.

“Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Polda Sumsel dalam memberantas penyalahgunaan narkoba dan sebagai upaya Kapolda Sumsel untuk memperbaiki dan memperoleh SDM yang unggul dilingkungan Polda Sumsel,” tegasnya.

Karena tugas Polri khususnya Polda Sumsel kedepan menurutnya akan semakin berat dan
menjadi tantangan tersendiri dalam memberikan pelayanan yang baik. Agar kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin tertanam di hati masyarakat. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.