by

Baru 4 Bulan Menjabat, Kapolres OKU Dimutasi, Kombes Lamazi ke Lemdiklat

Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH

Beritatotal.com – Sebanyak 665 Pati dan Pamen di tubuh Polri dimutasi dalam jabatan baru. Sesuai telegram Kapolri baru Nomor ST/385-388/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020.

Dalam surat telegram Kapolri Pol Idham Azis tercatat sejumlah Kapolda dimutasi atau pun digeser. Demikian juga jabatan kepala biro (Karo) hingga Kepala Kepolsian Resort (Kapolres).

Perwira di lingkungan Polda Sumsel termasuk yang terdapat nama dalam telegram Kapolri baru tersebut. Yakni jabatan Karo Perencanaan (Rena) dan Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU).

Jabatan Karo Rena Polda Sumsel yang selama ini diemban Kombes Pol Drs Lamazi A diganti Kombes Pol Agus Santosa. Kombes Agus sebelumnya menjabat Karo Rena Polda NTB.

Posisi baru Kombes Pol Lamazi tertuang dalam telegram tersebut diangkat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidsespimmen Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara itu jabatan Kapolres OKU yang diemban AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH digantikan AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jawa Barat.

“Iya benar (dimutasi, red),” ujar AKBP Tito kepada Portal ini, Selasa (4/2).

Mutasi Kapolres OKU AKBP Tito ini cukup mengejutkan. Pasalnya perwira menengah (Pamen) Polri ini baru empat bulan menjabat Kapolres di Bumi Sebimbing Sekudang.

Dia menggantikan AKBP NK Widayana Sulandari yang mendapat promosi sebagai Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Sekolah Polwan Polri. Pisah sambut Tito – Wida dilaksanakan di halaman Polre OKU pada 30 September 2019 lalu.

AKBP Tito juga pernah menjabat Kapolres Prabumulih dan sukses membawa kota tersebut sebagai Polres peraih penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Sama halnya dengan prestasi yang diraih AKBP NK Widayana yang dipersembahkannya untuk Polres OKU.

Dalam telegram baru Kapolri, masuk juga mantan Kapolres OKU yang kini sudah menyandang pangkat bintang satu. Yakni Brigjen Pol Napoleon Bonaparte.

Brigjen Pol Napoleon mendapat promosi jabatan bintang dua sebagai Kadivhubinter Polri menggantikan Irjen Pol HS Maltha. Sebelumnya Brigjen Pol Napoleon menjabat sebagai NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Sementara itu, perwira tinggi Polri yang dimutasi untuk jabatan Kapolda yakni Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Posisi Kapolda Kalbar diisi oleh Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut.

Kapolri menunjuk Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelumnya merupakan Kapolda Maluku untuk menempati kursi Kapolda Sulut. Kemudian Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar diangkat untuk menempati jabatan yang ditinggalkan Royke.

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto diangkat sebagai Kapolda Malut. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.