by

Bandit Spesialis Modus Ganjal ATM di Baturaja Tersungkur Ditembak

Tersangka Mn saat di UGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

Beritatotal.com – Bila anda pernah merasa menjadi korban kejahatan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam Kota Baturaja. Seperti mengambil uang dengan kartu ATM, tapi kartunya tersangkut lalu kemudian isi uangnya terkuras.

Mungkin salah satu pelaku ini anda kenal. Dia sudah tertangkap dan tersungkur diterjang timah panas aparat polisi. Nama inisialnya Mn (36), tinggal di salah satu kawasan Kibang, Jl Cor Beton.

Informasi yang berhasil didapat, pelaku terseok-seok dibawa ke ruang UGD RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Rabu dinihari (15/1), pukul 01.40 WIB.

“Masuk UGD-nya sekitar pukul 01.40 WIB. Pasien mengalami luka di kaki,” kata salah seorang pejabat yang piket di bagian UGD RSUD Ibnu Sutowo, Rabu sore (15/1).

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian seputar penangkapan pelaku dan bagaimana modus kejahatannya. Tapi informasinya, kesatuan polisi yang menangkapnya dari Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur.

Saat dikonfirmasi, Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH perihal penangkapan tersebut tidak mengelaknya. Pihaknya baru akan menggelar press release klik disini setelah selesai dilakukan pemeriksaan dan pengembangan.

Sementara itu, dari keterangan yang dihimpun, pelaku yang ditangkap tersebut terakhir kali beraksi di dalam komplek SPBU Air Paoh. Korbannya seorang wanita yang hendak mengambil uang di salah satu mesin ATM di sana.

Pelaku diduga dua orang berkomplot. Modusnya berpura-pura ingin membantuu korban yang kartu ATM-nya tersangkut. Padahal sebelumnya lubang tempat memasukkan  kartu ATM tersebut sudah diganjal atau dimasuki pelaku dengan sesuatu.

Korban seorang wanita pada Selasa malam (14/1) sekitar pukul 20.30 WIB hendak mengambil uangnya di ATM tersebut. Namun setelah kartu ATM dimasukan ke dalam mesin, ternyata tersangkut tidak mau masuk sempurna tapi tidak mau keluar juga dari mesin ATM.

Saat korban dalam kondisi panik masuklah seorang pria yang bertanya dan berpura-pura ingin membantu. Tanpa curiga korban pun bersedia dibantu. Tak lama masuk lagi seorang pria diduga sudah berkomplot yang berpura-pura ingin mengambil uang di ATM juga.

Mengetahui ATM sedang bermasalah, pria yang baru datang itu menunggu sembari membantu juga, Korban yang sudah masuk jebakan pelaku tak sadar saat diminta memasukkan PIN ATM-nya direkam salah satu dari pria yang membantunya tersebut.

Akhirnya satu dari mereka mengatakan tidak bisa mengatasi ATM korban yang tertelan tadi. Alasannya mesin ATM memang sedang bermasalah dan tidak bisa digunakan. Dengan perasaan kecewa korban keluar meninggalkan kartu ATM-nya yang tersangkut tersebut.

Disinilah kedua pria tadi menjalankan aksinya. Selepas korban keluar mereka mengambil kartu ATM milik korban dengan tehnik yang sudah mereka kuasai.

Selanjutnya mereka menarik uang korban dengan kartu ATM yang sudah mereka rekam PIN-nya menggunakan HP saat korban diminta memasukkan PIN waktu mereka pura-pura menolong. Dan dua pelaku tersebut menggasak uang korban dari mesin ATM di lokasi lain. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.