by

Aparat Bubarkan Pedagang Pasar Kalangan Desa Mendingin Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Petugas gabungan membubarkan aktivitas pasar kalangan Desa Mendingin, Rabu (29/4)

Beritatotal.com – Puluhan pedagang kalangan yang menggelar dagangannya di pasar kalangan Desa Mendingin, Kecamatan Ulu Ogan dibubarkan aparat gabungan, Rabu pagi (29/4), pukul 07.00 WIB.

Petugas yang membubarkan mereka terdiri dari aparat Polsek Ulu Ogan, Koramil Pengandonan dan aparat Desa Mendingin beserta pengurus Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Para pedagang ini berasal dari berbagai daerah di Kabupaten OKU dan ada juga yang dari Muara Enim dan sekitarnya.

Dibubarkannya aktifitas jual beli di pasar kalangan tersebut karena sebelumnya sudah ada surat edaran dari pemerntah Desa Mendingin.

Dimana surat edaran tersebut berupa penutupan sementara pasar kalangan setempat sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid-19.

Pemerintah desa setempat sebelumnya juga sudah mensosialisasikan jika pedagang tidak boleh lagi berjualan selama dua pekan sampai ada waktu pemberitahua lebih lanjut.

Namun diduga salah pengertian, setelah dua pekan mereka benar-benar patuh tidak berjualan, maka hari ini kembali berdagang kalangan yang digelar setiap hari Rabu tersebut.

Sementara pemerintah desa disini sudah mengeluarkan larangan permanen jika pasar kalangan ditutup sampai waktu belum ditentukan.

Sempat ada protes dari pedagangan soal larangan tersebut. Alasan mereka karena sudah datang jauh-jauh dan mengetahui jika pasar kalangan disini cuma ditutup dua pekan saja.

Namun petugas kemudian bisa memberi pengertian kepada mereka sehingga pembubaran pasar kalangan ini berjalan lancar dan kondusif.

Pedagang pun kemudian membereskan barang dagangannya untuk kembali ke tempat asal mereka masing-masing.

“Tadi kami mengimbau para pedagang pasar kalangan yang sedang sedang berjualan untuk diliburkan atau ditutup sampai batas waktu yang belum dtentukan oleh Pemerintah Desa Mendingin,” terang Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Ulu Ogan Iptu Eddy Hernata, Rabu (29/4).

Imbauan tersebut kata Kapolsek berdasarkan surat yang dikeluarkan Kepala Desa Mendingin bersama Kepala BPD Desa Mendingin.

Isi surat tersebut meminta pedagang di pasar kalangan Desa Mendingin agar mematuhi kebijakan pemerintah kecamatan dan desa.

Yakni untuk tidak melakukan kegiatan pasar terkecuali bersifat mendesak dan sangat perlu. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.