by

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja Awasi Langsung Rekapitulasi Penghitungan Suara Manual di PPK Baturaja Barat

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengawasi langsung proses penghitungan suara manual di tingkat PPk Baturaja Barat OKU, Jumat (11-12-2020)

Beritatotal.com – Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengawasi langsung proses rekapitulasi penghitungan suara manual di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Baturaja Barat, Jumat (11-12-2020).

Pejabat Bawaslu RI Divisi Penyelesaian Sengketa ini tiba di lokasi didampingi tiga pimpinan Bawaslu OKU, Dewantara Jaya, Anggi Yumarta dan Yeyen Hendrizal.

Tampak pula pejabat Bawaslu Provinsi Sumsel dalam rombongan pengawas pesta demokrasti lima tahunan tersebut.

Rahmat Bagja diterim Ketua KPU Naning Wijaya dan langsung mengajaknya untuk melihat proses perhitungan suara manual tingkat PPK yang sedang berlangsung.

Bagja tampak jeli mengawasi tahap demi tahap proses perhitungan. Mulai dari pembukaan kotak suara, pembacaan hasil suara dari masing-masing PPS, hingga penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang dilakukan petugas.

Sesekali juga dia tampak menanyakan sesuatu kepada Ketua KPU OKU Naning Wijaya maupun Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya.

Menurut Bagja, kedatangannya di Kabupaten OKU ini merupakan daerah kedua dari tujuh kabupaten di Sumsel menyelenggarakan Pilkada.

Sebelumnya dia sudah bertandang ke Kabupaten Ogan Ilir untuk melakukan monitoring dan pengawasan disana.

Di OKU, kata dia, pertama datang langsung menuju ke Sekretariat PPK Baturaja Timur untuk mengawasi langsung proses rapat pleno perhitungan suara.

Sayangnya, saat tiba di sini proses dimaksud sedang ditunda lantaran ada kendala teknis berupa down-nya server KPU.

Bagja dan rombongannya pun kemudian hanya memeriksa bekas logistik di hari pencoblosan yang sudah disusun rapi di Sekretariat PPK Baturaja Timur.

“Dari monitoring kami di OKU hampir semuanya berjalan aman dan lancar. Terkait penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan baik pada waktu pemungutan suara maupun rekapitulasi tingkat kecamatan,” kata Bagja, usai monitoring di PPK Baturaja Barat, Jumat (11-12-2020).

Dia pun menjelaskan kunjungannya ke OKU ini tak lepas dari wilayah ini merupakan salah satu peserta pilkadanya calon tunggal.

“Khusus di OKU peserta pilkadanya adalah calon tunggal jadi tidak ada permasalahan yang terlalu besar,” ujarnya.

Dia berharap semua proses tahapan seusai pencoblosan bisa dilaksanakan KPU OKU tepat waktu. Setelah dari OKU, Rahmad Bagja meluncur ke Kabupaten OKU Selatan dan OKU Timur baru kemudian bertolak  ke Palembang lagi. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.