by

8 Garong Bawa Sajam Rampok Juragan Balam, 5 Buruhnya Disekap dan Disandera

Salah seorang perampok juragan balam, Heriyanto alias Galito, warga Prabumenang saat digelandang ke Polsek Lubuk Batang

Beritatotal.com – Kawanan perampok berjumlah delapan orang mengggunakan berbagai senjata tajam (sajam), beraksi di perkebunan karet milik salah seorang juragan balam (getah karet) di Kecamatan Lubuk Batang.

Juragan balam yang dirampok tersebut atas nama Ferlan hamzah (35), warga Jl Akmal, Kelurahan PAsasr Baru, Kecamatan Baturaja Timur.

Dalam aksinya kawanan perampok ini menyandera dan menyekap lima buruh yang sedang menjaga hasil balam juragannya yang sudah siap jual. Masing-masing Br (40), Ag (22), Tk (49), St (35), dan Rs (19).

Di bawah ancaman sajam diantaranya golok dan pisau, kelimanya hanya bisa pasrah saat para garong memaksa mereka menaikkan bantalan-bantalan getah karet yang sudah dikumpulkan enam bulan akibat musim kemarau.

Ada 28 bantalan/kepingan balam masing-masingnya seberat 150 Kg yang dinaikkan ke dalam mobil truk para pelaku. Total seluruhnya mencapai 4,2 ton yang bila dirupiahkan korbannya menderita kerugian Rp 42 juta.

Peristiwa perampokan dengan penyanderaan dan penyekapan para buruh juragan balam tersebut terjadi di perkebunan karet Simpang Kerikil, Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang., pada 16 November 2019.

Kejadian ini baru diungkap polisi setelah salah seorang pelakunya yakni Heriyanto alias Galito (49), warga Prabumenang, Muara Enim berhasil dibekuk pada 23 Desember 2019.

Tersangka Galito kemudian dibawa ke Polres OKU untuk dihadirkan dalam press release dipimpin Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH, Senin 30 Desember 2019.

“Aparat Reskrim Polsek Lubuk Batang dibantu anggota Reskrim Polres OKU berhasil menangkap satu dari delapan pelaku percobaan pencurian dengan kekerasan. Percobaan karena saat beraksi mereka berhasil kita gagalkan namun para pelakunya kocar-kacir ketika digerebek hanya meninggalkan barang bukti hasil kejahatan yang siap diangkut,” jelas AKBP Tito. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.