by

64 ASN Di Lingkungan Pemkot Pangkalpinang Dirotasi

Beritatotal.com – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) melantik 64 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Rabu (7/9/2022 ) di Ruang OR Kantor Wali Kota.

Dalam sambutan, Molen mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat setiap instansi pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai, pengembangan karir pegawai, tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan.

Pada kesempatan ini, dilakukan pelantikan jabatan pimpinan tinggi Pratama sebagai bagian dari pembinaan karir ASN, sesuai dengan rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara (KASN) nomor B-2945/JP.00.01/08/2022 tanggal 18 Agustus 2022, dan pelantikan pejabat administrator maupun pengawas dilingkungan pemerintah kota Pangkalpinang.

Sambung, Molen, dalam organisasi birokrasi proses implementasi pembinaan karir melalui mutasi, promosi bahkan demosi adalah hal yang biasa dalam rangka penyegaran untuk penyehatan iklim organisasi serta dalam rangka rasionalisasi pegawai untuk penguatan organisasi.

Dirinya juga menerangkan jabatan yang diamanahkan merupakan kehormatan, karena tidak semua orang mendapatkannya, tetapi kehormatan hakiki tidak lahir dari tampilan atau kedudukan, melainkan dari sifat, perilaku, dan kinerja dalam pekerjaan. Kehormatan akan berubah jadi kehinaan jika seorang pejabat tidak melaksanakan tugas dengan baik, melakukan perbuatan tercela, melanggar kode etik jabatan dan kode etik PNS.

“Sangat beralasan jika jabatan adalah amanah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan, baik secara administratif maupun secara moral. Oleh karena itu, pelantikan pejabat hari ini, harus meningkatkan kembali pentingnya menjaga amanah, yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga orang lain yang menerima pelayanan,” terang Molen.

Molen mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian, dan etika selaku pegawai negeri sipil yang harus melekat pada diri kita semuanya, karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan saudara-saudara untuk mengoptimalkan tugas-tugas yang diberikan.

“ Oleh karena itu, mari terus meningkatkan dan menunjukkan kualitas diri dan untuk selalu komitmen dan moralitas serta tanggung jawab profesi sebagai pegawai negeri sipil, memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi, memahami posisi, peran, tugas, fungsi, dan kewenangan organisasi saudara, dan juga memiliki pengetahuan dan wawasan, serta mampu bekerjasama dalam tugas-tugas selaku aparatur pemerintah,” pungkas Molen. (san)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.