by

1 SST Brimob Siaga Dengan 6 Senjata Gas Airmata, Siap Antisipasi Huru Hara Pilkades

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat mengecek kesiapan personil Brimob Polda Sumsel yang di-BKO-kan di OKU

Beritatotal.com – Aparat keamanan benar-benar tidak mau kecolongan terhadap gangguan dalam perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak se Kabupaten OKU Tahun 2020 ini.

Demi menambah kekuatan personil pengamanan, Polres OKU mendapat bantuan dari Polda Sumsel. Yakni kiriman Bawah Kendali Operasi (BKO) satuan setingkat pleton (SST) pasukan Brimob yang sudah datang ke OKU sejak Selasa (3/3), pukul 17.00 WIB.

Pasukan tersebut dipimpin Danton Brigadir Kepala (Bripka) Andres. Jumlahnya sebanyak 31 personil berasal dari Satbrimobda Polda Sumsel Batalyon C Kompi 1 Belitang OKU Timur. Mereka

Dari pantauan saat Apel Gelar Pasukan Pilkades Serentak Kabupaten OKU di Halaman Mapolres OKU, Rabu (4/3), satu pleton pasukan Brimob ini dibekali 6 senjata gas air mata.

“Jangankan membawa senjata api. Membawa sangkur saja kita tidak diperbolehkan,” kata Bripka Andres.

Selain 6 pucuk senjata gas air mata, personil juga dibekali 10 tameng sekat, 10 tameng fiber, 10 tongkat lecut, rompi penindakan huru hara, dan satu alat pemadam api ringan.

Dalam pergeseran pasukan pengamanan Pilkades ke TPS-TPS yang ada di desa-desa, 1 SST BKO Brimob ini tidak diurai.

Mereka akan tetap dalam satu pasukan namun siap siaga dikerahkan mengatasi huru hara bila situasi tidak diinginkan terjadi saat Pilkades berlangsung.

“Pola pengamanannya nanti satu TPS ada dua anggota polisi. Ditambah juga bantuan dari TNI dan BKO Brimob Polda Sumsel. Tapi dari Brimob personilnya dalam satu kesatuan bukan dibagi-bagi ke TPS,” jelas Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.